Sunday, October 28, 2012


3 Kabupaten di Jateng Siap menuju Era Digital

Rabu, 24 Oktober 2012 12:07 pm | andr010 | Berita
Banyumas- Sebanyak 3 kabupaten di Jawa Tengah, yakni Banyumas, Pekalongan dan Jepara dinyatakan siap menyongsong datangnya Era Digital. Hal ini ditandai dengan diserahkannya penghargaan ICT Pura tahun 2012 dari Kementrian Komunikasi dan Informatika RI kepada ketiga kabupaten tersebut belum lama ini.

ICT Pura adalah gerakan bersama seluruh komponen bangsa yang dimotori oleh Kementrian Kominfo, untuk memetakan, mengukur dan mengapresiasi kabupaten/kota di seluruh Indonesia terkait kesiapan dalam memasuki era digital tahun 2015. Tujuannya untuk memetakan indeks kesiapan menuju era masyarakat digital yang berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Penganugerahan ICT Pura 2012 dilaksanakan di Grand Ballroom, Hotel Grand Aston Medan pada Kamis (18/10). Penyerahan penghargaan dilakukan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika, Basuki Yusuf Iskandar. Total penerimanya 27 kabupaten/kota yang tersebar di 14 provinsi di Indonesia.

Untuk lingkup Provinsi Jawa Tengah, dari ketiga kabupaten penerima, Kabupaten Banyumas menjadi yang teratas dengan meraih predikat terbaik ke-secara nasional, disusul Kabupaten Pekalongan di urutan ke-15, dan Kabupaten Jepara di urutan ke-21.

Sekda Kabupaten Banyumas, Mayangkoro usai menerima penghargaan mewakili Bupati Mardjoko menjelaskan, Banyumas adalah satu dari 165 kabupaten/kota di Indonesia yang diprioritaskan dalam program ICT Pura 2012. Sesuai dengan sistem penilaian dalam kuesioner pemetaan, nilai indeks ICT Pura Kabupaten Banyumas sebesar 3,25, yang berarti Banyumas telah siap untuk menghadapi era ekonomi digital, dengan predikat I-Madya.

Komponen indeks yang dinilai meliputi ICT Use (Intensity)-peran pemkab dalam mengelola TIK dengan berbagai kebijakan, peraturan, dan keputusan bobot 40%ICT Readiness (Infrastructure)-ketersediaan infrastruktur TIK (20%)ICT Capability (Skills)-sumber daya dan kemampuan mengeksplorasi dan mengeksploitasi aset TIK yang dimiliki (25%); dan ICT Impact (Outcomes)-manfaat langsung dari keberadaan TIK (15%).

Mayangkoro berterima kasih kepada seluruh jajaran Pemkab Banyumas dan masyarakat Banyumas, atas kerjasama yang telah dilakukan sehingga Kabupaten Banyumas menerima penghargaan ICT Pura 2012. Ia juga berpesan, agar penghargaan tersebut dapat memotivasi Banyumas untuk terus mempersiapkan diri agar siap menghadapi era ekonomi digital, bahkan sebelum era ini secara resmi dimulai secara nasional. *Kontributor Pemkab Banyumas

No comments:

Post a Comment