Wednesday, October 24, 2012


Hari ke-10 Jokowi

Jokowi Minta Front Desk Kelurahan Berwajah Cantik & Menyapa 'Selamat Pagi'

Ray Jordan - detikNews


Jakarta Jokowi meminta kantor kelurahan/kecamatan yang cenderung tertutup disulap menjadi terbuka dan ramah seperti di kantor-kantor bank. Petugas di garda depan kelurahan dipasang yang berwajah cantik dan ramah menyapa tamu dengan ucapan,"Selamat Pagi."

"Ke depan, tata ruang di kelurahan, kecamatan, walikota, semua wilayah, bupati, semuanya tempat pelayanan itu kayak bank, terbuka," kata Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Hal ini dikatakan Jokowi saat berpidato di depan 44 camat dan 267 lurah di Balaikota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (25/10/2012). Semuanya mengenakan pakaian batik. Jokowi didampingi Ahok dan Sekda Fajar Panjaitan.

Seperti halnya bank, maka kantor kelurahan harus nyaman. "Tempat duduknya untuk yang dilayani justru harus enak," katanya.

"Tolong Pak Lurah, Bu Lurah, Pak Camat dan Bu Camat, beritahu mereka (anak buah), kalau masyarakat datang beri ucapan selamat pagi. Kalau siang, selamat siang. Ini melayani. Jangan yang ada di front depan sudah tehnya nggak enak, nggak ngucapin salam, merengut. Makanya pasang yang cantik di depan," beber Jokowi disambut senyum hadirin.

Perubahan itu perlu karena kantor kelurahan/kecamatan merupakan tempat pelayanan sehingga budaya pelayanan harus diubah. "Saya yakin SDM di DKI ini luar biasa bagus. Luar biasa bagus. Kita punya recource SDM yang baik. Kita cuma ingin mengubah dari pola lama ke pola yang baru. Dan saya yakin semuanya sanggup untuk itu. Gimana sanggup nggak?" tanya Jokowi kepada aparatnya.

"Sangguppp...!" jawab hadirin.

"Saya tunggu tanggal mainnya," ujar Jokowi.

Jokowi lalu memaparkan kantor kelurahan/kecamatan yang ideal. "Untuk tempat ngantre buatkan sofa yang bagus. Niru bank-lah. Ada gambar tata ruang yang sama, di seluruh kelurahan dan kecamatan sehingga kelihatan bahwa kita sedang berubah sistem pelayanan. Kalau perlu yang di depan pakai pakaian khusus, jas dasi. Kalau perlu beli air conditioner. Orang nunggu 1 jam juga enak. Ini yang harus kita ubah," ungkap Jokowi.

No comments:

Post a Comment