Sunday, October 28, 2012


Karanganyar Raih Universal Services Obligation (USO) Award 2012

Senin, 22 Oktober 2012 1:41 pm |  Berita
KARANGANYAR - Kabupaten Karanganyar kembali mendapatkan penghargaan internasional. Kali ini Kabupaten Karanganyar yang mewakili provinsi Jawa Tengah meraih penghargaan Universal Services Obligation (USO) Award  2012.
Penghargaan tersebut diberikan terhadap karya ilmiah terbaik dalam pemberdayaan Information and Communication Technology (ICT) yang ditulis oleh Eko Supriyadi yang juga salah satu PNS di Kabupaten Karanganyar.
Eko menjelaskan bahwa penghargaan tersebut diberikan saat pembukaan penganugerahan ICTPURA dan USO Award 2012 di Hotel Grand Aston, Medan, Sumatra Utara, pada Kamis lalu (18/10). Menurutnya penghargaan tersebut diberikan kepada  pemerintah daerah yang berhasil mendorong, memberdayakan, dan memanfaatkan ICT.
"Karya yang saya buat saat itu adalah Pendekatan Multidimensi Pemberdayaan ICT Untuk Meningkatkan Keuntungan Multisektor Bagi Masyarakat Marginal," jelas Eko kemarin (21/10).
Dengan adanya penghargaan tersebut, Eko berharap agar pemberdayaan ICT di Karanganyar bisa dilakukan lebih agresif dan nyata. Hal ini sangat diperlukan lantaran sebagai usaha menggalakkan program internet sehat dan aman bagi masyarakat dan pelajar. "Jadi pendekatan yang disusun dalam karya ilmiah tersebut bisa diterapkan lebih konkrit lagi nantinya," ujarnya.
Eko menilai bahwa masyarakat sangat perlu dilindungi haknya dalam memperoleh informasi yang bermanfaat dan sehat. Hal yang utama perlu dilakukan adalah menyentuh masyarakat di level bawah, yang dinilai belum terlalu melek dalam teknologi. Regulasi di tingkat Kabupaten pun dirasa penting untuk melindungi hal tersebut.
"Perlu ada regulasi, baik dari sisi infrastruktur, aplikasi, termasuk regulasi dalam bidang pos dan telekomunikasi. Masyarakat dan pemerintah bisa bekerja sama dalam mewujudkan masyarakat melek teknologi," tambah Eko.
Imbuh Eko, program ICT tersebut diusung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Selain itu program tersebut merupakan sebagian dari serangkaian implementasi atas project IT-Masterplan oleh DeTIKNas (Dewan TIK Nasional).  Muhammad Ikhsan

No comments:

Post a Comment