Wednesday, October 24, 2012


Rabu, 24/10/2012 19:08 WIB

Hari Ke-9 Jokowi

Dalam 6 Jam, Jokowi Hari Ini Sidak 9 Tempat

Salmah Muslimah - detikNews
Jakarta Jokowi terus melanjutkan gebrakannya. Gubernur DKI Jakarta 20012-2017 ini hari ini melakukan inspeksi mendadak di sembilan tempat selama enam jam.

Suasana pagi tadi di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (24/10/2012) pukul 07.00 WIB sudah ramai oleh kedatangan belasan wartawan. Para pemburu berita sudah siap 'mengawal' agenda blusukan Jokowi seperti hari-hari sebelumnya.

Lokasi pertama yang menjadi sasaran Jokowi hari ini adalah Puskesmas Paseban Jalan Kramat Sawah, Jakarta Pusat. Dari Puskesmas Paseban, Jokowi langsung meluncur ke Puskesmas Sentiong Jalan Kramat Sentiong Jakarta Pusat. Jokowi mengaku puas dengan kedua puskesmas tersebut.

"Ternyata sudah ada pemeriksaan dokter, bagus, bagus. Jam 08.00 WIB sudah buka, dokternya sudah periksa," puji Jokowi.

Tak membuang waktu, rombongan Jokowi dan puluhan awak media bergegas menuju Pasar Impres Senen, Jakarta Pusat. Di pasar tersebut Jokowi sempat berbincang dengan beberapa pedagang dan pengelola pasar.

Harga sewa kios di pasar ini yang mencapai 115 juta per meter persegi menjadi perhatian Jokowi. "Mahal sekali, kalau bisa gratis," tegas Jokowi.

Kemudian rombongan Jokowi menuju ke Dinas Perdagangan, Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat. Ketika ditanyai tentang kunjungannya tersebut, "Ada aja," jawabnya sambil tertawa.

Target blusukan selanjutnya adalah pasar tradisional yakni pasar Bedeng dan Pasar Gembrong Lama. Jokowi pun berjanji akan membangun kedua pasar tersebut. "Ya keluhannya sepertin yang kita lihat bau becek, kalau pas hujan bocor. Kita akan bangun lebih bagus lagi. Biar nggak kalah sama supermarket," janji Jokowi.

Untuk makan siang, Jokowi bersama rombongan Pemprov DKI dan wartawan memilih sebuah restoran masakan Sunda di Cikini. Di sini, mantan wali kota Solo ini bercerita santai tentang sepatu, potong rambut, sampai ramuan rahasianya.

Setelah itu, Jokowi pun mengajak semua rombongan untuk melanjutkan perjalanan ke Pintu Air Manggarai.

Kondisi pintu air yang lebih pantas disebut pintu sampah ini sangat memprihatinkan. Timbunan sampah, menutup seluruh aliran air di sana. Jokowi pun meminta Dinas PU menambahkan dua eskavator untuk mengeruk sampah-sampah tersebut.

Dari pintu air Manggarai, Jokowi meluncur ke Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta Timur. Di sana, Jokowi menerima sambutan baik dari para pedagang sekaligus menerima keluhan para pedagang yang tak setuju atas rencana pemindahan pasar induk.

Hampir di seluruh lokasi sidak, Jokowi mendapat sambutan hangat. Jokowi pun menerima semua permintaan foto bersama para warga.

Pria kelahiran Solo pada 21 Juni 1961 ini berjanji akan terus blusukan selama 5 tahun masa jabatannya. Jokowi pun menutup sidak hari ini dengan mengatakan, "Setiap hari, bukan sidak tapi rahasia setiap hari. Selama 5 tahun kunjung mengunjung terus kemana-mana," tandasnya.

No comments:

Post a Comment